PIM Logo dkv

PIM (Pekan Ilmiah Mahasiswa) Ke 6

          Pada saat kami menginjak semester ke tiga tepatnya di tahun 2015 di bulan November, pada saat yang bersamaan kampus STIKI (Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia) malang yaitu kampus kami mengadakan ajang pekan ilmiah mahasiswa atau yang disingkat PIM. Setiap tahun nya kampus STIKI selalu mengadakan ajang tersebut untuk membuat mahasiswa lebih aktif dalam berkompetisi. Kali ini STIKI mengadakan kompetisi PIM yang ke 6 yang berarti sudah berjalan selama 6 tahun. Selain itu PIM juga digunakan untuk wadah bersosialisasi antar prodi. Kategori yang diikuti oleh kelompok kami yaitu Desain Logo DKV Stiki Malang.

           Dengan berdasarkan syarat dan ketentuan bahwa lomba harus memiliki tim yang beranggotakan maksimal 3 orang. Setelah mendaftarkan tim, kami membagi job desc pada setiap anggota tim. Yang dimana saya sebagai ketua kami ia bertugas untuk membuat visualisai bentuk logo dengan menggunakan tipe letter form logo yaitu membuat letter/ huruf menjadi sebuah logo. Logo dibuat menggunakan huruf "dkv" (lihat pada gambar).








            Tugas Shella dan Inggrid adalah memilih warna dan membuat filosofi warna maupun bentuk. Saya juga bertugas untuk memilih typeface yang terdapat pada bagian bawah bentuk logo.

Filosofi bentuk logo dkv :

·                                      merupakan arti dari perkembangan lokal dan global (hampir menyerupai lingkaran ) 
·   Huruf “v” disimbolkan seperti bentuk sederhana paruh elang kearah bawah yang bersifat menekankan jiwa* Elang. Font "desain komunikasi visual" mewakili keluwesan, kekuatan dan kesederhanaan

Filosofi warna dari logo :

·                                    Warna merah dan oranye yang menyatu menggambarkan kerjasama secara nasional maupun internasional. Warna hijau menunjukkan pembaharuan yaitu membuat inovasi disetiap pergerakannya. Warna kuning (emas) Menggambarkan kualitas. Warna hitam menggambarkan teknologi. Ini adalah kali pertama kami mengikuti lomba saat menjadi mahasiswa jadi masih banyak kekurangan dalam hal filosofi, warna maupun bentuk. Akan tetapi hal tersebut tidak melemahkan tekad kami, sehingga kami berhasil menyabet juara pertama dalam ajang kompetisi ini.


                         Benar benar tidak pernah kami sangka akan mendapatkan juara pada saat itu. Hal ini merupakan pencapaian luar biasa kami yang pertama dan juga kenangan yang tidak akan kami lupakan.







Komentar